20 May 2010

Museum Mulawarman

 bukan museum Mulawarman, ini kapal yang sedang berlabuh, bagus ya?! :p

Dari pulau Kumala perjalanan kami lanjutkan ke Museum Mulawarman, terletak di seberang pelabuhan, disebelah pelabuhan ada Rumah Makan namanya Tepian Pandan (kayaknya sih RM cukup terkenal dan sudah ada sejak lama). Makan dulu!! Sarapan sekalian makan siang.




Masuk Museum cukup membayar Rp 2500,- per orang. Museum nya standar museum-museum di Indonesia pada umumnya (kurang terawat :p). Masuk ruangan utama ada singgasana Raja kerajaan Kutai Kertanegara (eh maap kalo salah, ga terlalu merhatiin). Setelah itu kami melanjutkan masuk ruangan sebelah kanan, lalu ke kanan lagi, ada tangga ke bawah. Dugaan awal adalah kamar mandi, ternyata di bawah itu ada koleksi Guci-guci dari berbagai negara (kebanyakan Cina, ada juga dari Eropa, Thailand, ....).
Lebih masuk lagi ada koleksi pakaian adat dari ....... 27 Propinsi di Indonesia (waduhh!! ini museum ga update banget ya? udah tahun 2010 nih! Timor Timur udah jadi Luar Negeri! hehe...).
Parahnya lagi, masa ga ada jalan tembusnya, kalo mau keluar harus balik lagi melewati koleksi ruangan guci-guci tadi.

Lanjut....
kami ke ruangan koleksi senjata2, lalu koleksi mata uang, perhiasan, kain/ pakaian adat, dan terakhir koleksi arca/prasasti peninggalan kerajaan Kutai Lama (menurut pelajaran sejarah kerajaan pertama/tertua di Indonesia)
ini beberapa foto benda2 koleksi museum Mulawarman:



3 comments:

mba ni said...

Thanks atas ceritanya... :)

Kok toko batu2 Kalimantan ga di foto yaa... Ada ga foto2 koleksinya?

Trus, ada wisata kulinernya jg ga?

virtri said...

pastinya ada donk!
ga diuplot aja foto wisata kulinernya. takut buat mb nia ngiler kali :D

mirsavirdiani said...

foto batu2 ada tapi ga jelas, ke email aja ya. Kuliner tunggu cerita de Virtri aja deh, ok de! (+ cerita mengejar pelangi itu hehe...)