22 June 2010

Aku dan Piala Dunia

 Piala Dunia (atau bahasa Inggrisnya World Cup), adalah nama kejuaraan dunia sepakbola. Namanya kejuaraan dunia ya jelas pesertanya semua negara yang ada di dunia ini, tapi tentu saja melalui beberapa tahapan, babak kualifikasi per zona, lalu terpilih lah beberapa negara yang mewakili zona masing-masing ke putaran final.

Tapi kenapa yang dipilih untuk diberi sebutan Piala Dunia itu cabang olahraga Sepakbola ya?? entahlah.....
yang jelas pada saat berlangsungnya putaran final selama sekitar sebulan itu telah sukses membuat orang-orang seluruh dunia (yah setidaknya Indonesia lah), termasuk aku ini, heboh, Football/ Soccer Fever, slah satunya, membuat penjualan antena televisi meningkat ;p (kira-kira ada hubungannya ga penyelenggaraan Piala Dunia sama Kapitalisme?? tau deh... EGP).

Piala Dunia diadakan tiap 4 tahun (sejarahnya googling sendiri ya? yang ini dari wikipedia), selama yang ku tau sih tahun 1986 di Mexico juaranya Argentina, yang membuat ngetop Maradona sampe jadi lagu buat mainan anak2 tuh (mmm.... lupa gimana lengkapnya, tapi ada kata-kata "......Maradona dari Argentina...." gitu hehe :p)
tahun 1990 di Italia, juaranya Jerman Barat
terus heboh deh orang-orang pada punya kaos timnas Jerman Barat, termasuk buat pertandingan 17an antar RT.
tahun 1994 di Amerika Serikat, juaranya Brazil
tahun 1998 di Perancis, juaranya Perancis
(pas aku kursus bahasa Perancis di LIP nih, heboh banget, tuan rumah dan jadi juaranya pula, tapi aku tetap dukung Italia)
tahun 2002 di Korea dan Jepang (tuan rumah bersama), juaranya Brazil
tahun 2006 di Jerman, juaranya Italia (final lawan Perancis lagi, akhirnya menang juga ;) )
tahun 2010 di Afrika Selatan, negara manakah juaranya??? .........

World Cup 2010 memang masih berlangsung sejak 11 Juni dan final nanti 11 Juli 2010.
Tim negara manakah favoritmu?
Tim favoritku adalah Italia (kayaknya mulai tahun 1994 di Amerika itu deh mulai serius ngikutin PD), mungkin karena waktu itu memang tim favorit juara ya? kalah di Final dari Brazil lewat adu penalti. Heran deh, kok ga memfavoritkan Brazil ya? tau deh... Liga sepakbola Italia disiarin di Indonesia hahaha :D
selanjutnya tiap ada Piala Dunia atau bahkan Piala Eropa, aku selalu jadi pendukung Italia (kan ga seru ya kalo nonton tapi ga ada yang didukung, sayang sih Indonesia ga pernah lolos ke putaran final Piala Dunia). Mau ganti dukung negara lain tapi ga tau negara mana, ya udah Italia aja, lagipula tim Italia tuh mainnya agak2 membuatku H2C, kalo menang ya skornya tipis, kalah juga begitu (malah ada yang karena golden goal dan beberapa kali adu penalti), asik lah jadi nontonnya.

Sejak Piala Dunia 2002 di Korea Jepang, tim favoritku nambah Jepang. Kan dalam rangka mendukung tim dari negara Asia. Kenapa Jepang?? pilihan ngasal karena terpengaruh komik Jepang (kapten Tsubasa :D), ga deh... karena aku suka karakter orang Jepang, serius tapi lucu, pejuang tangguh. sayang prestasinya tidak sebaik tim tuan rumah lainnya Korea, yang bisa sampai ke semifinal sebelum dihentikan Turki. Korea menyingkirkan tim favoritku Italia sih :(, ga jadi deh jagoin Korea.

Begitulah cerita singkatku tentang Piala Dunia, dan kenapa aku jagoin Italia dan Jepang. Terserah kamu dukung negara mana, pasti ada alasannya juga kan??
Andaikan suatu saat Indonesia lolos ke putaran final Piala Dunia....... ku pasti mendukung Indonesia!!

Siapakah Juara Piala Dunia 2010?
Mitosnya kalau PD berlangsung di Eropa, juaranya negara dari Eropa, kalau di luar Eropa juaranya dari Amerika (ahh ga percaya, setelah ku amati, ternyata tahun 1958 di Swedia, juaranya Brazil dari Amerika, bukan Eropa).
Tunggu aja ntar tanggal 11 Juli, ok!

Vinca Il Migliore!

4 comments:

Anonymous said...

Itali? ha..ha..ha..
pulang aja duluan ..:P

virtri said...

gpp kak, si italy pulang duluan biar bisa latihan lebih lama untuk persiapan kompetisi 4 tahun mendatang, hehehe :D

mirsavirdiani said...

Hai anonymous...! ku tau kau sebenarnya jagoin Perancis kan? yang pulang sehari lebih dulu dari Italia :D
let's sing: "mari pulang.. marilah pulang.. bersama-sama"

@ virtri: Ga usah nunggu sampe 4tahun, kan 2 tahun lagi ada Piala Eropa. Ketemu lagi deh sama Perancis n Slovakia. Tetap dukung Italia, dan biarkan yang terbaik (dan beruntung) yang menang! ;)

mirsavirdiani said...

Ralat:
Lagu mainan anak2 jaman ku kecil itu liriknya bukan "maradona" tapi "mario kempes" dari argentina juga :p