25 February 2011

Tumis Sayur Oyong

Beruntunglah orang-orang yang males kerja di Balikpapan, karena kemaren, 24 feb 2011, adalah hari libur lokal, pemilihan kepala daerah/ walikota (pilkada) Balikpapan. Ada 4 pasangan yang bersaing untuk menjadi walikota dan wakil walikota Balikpapan 2011-2016 (bener kan?)

Kali ini aku ga ngomongin pilkada, tapi tentang hari libur ;)
Rencana mau ke Jogja tanggal 24 gagal. Tapi ku punya rencana cadangan hehe... bersama teman-teman berencana mau kumpul2, ngobrol2, masak2, makan2, rujakan,..... di rumah baruku, silaturahmi gitu, kan susah tuh ketemunya kalo ga memanfaatkan waktu libur. Kalo sabtu-minggu biasanya waktu untuk keluarga (suami dan anak-anak, bagi yang sudah punya).

Pagi2 aku dan mba henny (temen, tetangga, sekaligus yang punya rumah kontrakanku :p) ke pasar, belanja sayuran dan kue-kue, sedikit aja, khawatir kalo udah belanja banyak tapi teman yang dateng sedikit. Kalo ntar yang dateng banyak ya tinggal beli aja makanan mateng.
Pulang dari pasar belanjaan di drop di rumah mba henny, rencana masak2 di rumah mba henny, makan2 dirumahku, maklum komporku kecil (dengan tabung gas kecil yang cuma 220ml itu loh). Lalu aku pulang dulu ke rumah untuk sarapan.
Sampai di rumah hujan angin derassss banget, hujannya seharian, siang hujannya memang reda, tapi masih mendung, dan udara Balikpapan kemaren itu jadi sejuk-sejuk dingin bikin males :)

Gagal deh acara kumpul2 bareng temen-temen, yang ada aku masak-masak aja bersama mba heny.
Mba heny menumis kangkung, dadar telor, goreng tempe, dan masak ikan bandeng (kalo ga salah namanya asem2, karena yang masak belum pada mandi hahaha :D)

Aku masak sayur oyong (atau dikenal juga, gambas)
Resepnya ku dapat dari tabloid, sudah lama, waktu aku masih rajin masak di prabumulih dulu.

Bahan:
Bawang merah diiris
Tomat merah (ijo juga boleh) dipotong-potong
Cabe rawit diiris-iris
Oyong dipotong-potong (dikupas dulu kulitnya)
Teri medan digoreng (direndam air panas juga boleh)
Daun bawang diiris-iris
Garam dan Gula (penyedap rasa)

Quiz iseng ga berhadiah: Apa perbedaan antara diiris-iris dan dipotong-potong?

Cara memasak:
Tumis bawang merah sampe wangi, masukkan tomat, cabe rawit, oyong, aduk sampe layu, beri air dikit, tambah gula garam, masukkan teri medan dan daun bawang, aduk-aduk. Udah deh. Hidangkan, lalu makan pake nasi pas lagi laper, dijamin enak hehehe.... :))
tumis oyong yang dirantang putih ;)

Jawaban quiz:
diiris-iris itu (sebaiknya) tipis-tipis/kecil-kecil,
dipotong-potong bisa besar maupun kecil sesuai selera

1 comment:

Cream Pemutih Ketiak dan Selangkangan said...

tumis sayur oyongnya oke banget gan, maknyusss. terima kasih telah berbagi resep keren ini.