08 April 2011

masih pentingkah kita berbeda?


semalem aku nonton film "?" (Tanda Tanya), tag line nya: masih pentingkah kita berbeda?
inti ceritanya tentang toleransi di negara indonesia (sepertinya latar belakang film ini di daerah Semarang), yang memang terdiri dari berbagai suku, agama, dan budaya.

film ini membuatku mengingat lagi makna toleransi dari berbagai pengalaman yang ku alami. Aku pribadi tidak ada masalah dengan toleransi, aku memang dilahirkan dari keluarga yang multikultural (Mamaku Manado Kristen, Papaku Jawa Islam yang mungkin agak2 kejawen). Aku juga ga ngerti kenapa aku bisa jadi seorang muslim, mungkin ini yang namanya hidayah, Alhamdulillah :))

Waktu ku kecil aku ikutan teman-teman muslimku mengaji, ketika hari minggu aku pun ikutan sekolah minggu. dulu, entah kenapa aku disekolahkan di TK islam, mungkin karena dekat rumah. SD-SMA aku sekolah di sekolah umum (bukan sekolah agama). Kalo pas natalan ikutan nulis surat minta hadiah ke Sinterklas (pake ditaro di sepatu yang dikasi rumput itu hehe..), kalo pas Paskah ikutan juga nyari telor rebus, abis itu dimakan bareng-bareng. Dan jujur aja, sampe sekarang pun aku masih menikmati lagu-lagu rohani kristen.

Kalo ada acara keluarga, kadang ada juga tuh makanan non halal, tapi mereka selalu kasitau. kalo aku mau sholat juga tinggal bilang aja, ga ada yang ngelarang-larang (paling aku yang males, tapi itu duluuuu loh :p).
Pas aku mau pake jilbab (sewaktu aku kuliah, masih jadi anak kos) aku juga ga bilang-bilang keluargaku, dan mereka juga ga ada masalah.
Aku cukup dekat dengan sodara-sodaraku (walaupun mereka kristen), suatu ketika aku ikut kampanye parpol yang mayoritas anggotanya kristen, terus ada yang tanya gini, "gerejanya dimana?" padahal waktu itu aku udah jilbaban loh, ku jawab aja, "maaf bu, saya muslim :) ". dan ibunya tampak baik-baik aja tuh.

Justru aku yang heran, kenapa sekarang ini jadi sering banget ada kerusuhan antar agama dan suku.
Demi kepentingan siapa?

PS: buat bahan renungan jumat ini QS 49:13 (yang ga sibuk baca semua ayatnya ya :p)

No comments: