04 July 2012

Repot Rapotan

Rapot, Raport, Report, Laporan, ......
Apapun lah sebutannya, telah membuat sebagian besar guru repot, khususnya guru-guru yang males, yang kebiasaan waktu kuliahnya kalo buat tugas/ belajar mau ujian pake sistem "sks = sistem kebut semalem".
Bener apa bener??
Yang bener ngacung! :p

Sudah hampir 2 minggu murid2ku libur kenaikan kelas, setelah terima raport, tepatnya 22 Juni lalu.
Kalo seandainya guru2 terima raport juga, kira-kira hasil belajarku selama setahun mengajar akan seperti ini (menilai diri sendiri he..he..)
1. Hafal sebagian (awalnya aja) surat Annaba, Annaziat, Abasa, Attakwir, AlMuthoffifin, AlMudatsir, Al Alaq, AlKahfi.
2. Hafal 2 doa belajar, 2 dzikir pagi, ayat kursi, doa tutup majelis, doa keluar rumah, doa naik kendaraan, doa masuk dan keluar kmr mandi, doa sebelum dan setelah makan, doa sebelum dan bangun tidur, dll.
3. Hafal hadits persaudaraan islam, hadits sabar, berkata baik atau diam, larangan marah, malu.
4. Lebih memahami konsep puluhan satuan (matematika)
5. Surprise ketika baca "flatland", artikel tentang bangun datar (tidak lagi setuju dengan "seeing is believing". Mengapa?? *Ntar deh kalo ga males ku tulis dalam postingan sendiri, okay?.... ;) )
6. Di semester genap, berani menerima tanggungjawab (lebih tepatnya nekat) menjadi guru bahasa inggris yang harus berbicara bahasa inggris selama mengajar di kelas. Padahal aku sudah bilang gini: "saya kalo ngomong bahasa inggris masih mikir", dan dijawab gini: "kalo ngomong memang harus mikir" toeeng!! jawaban yang sangat mengena buatku yang kalo ngomong masih suka ngasal, ngomong dulu mikir belakangan :D
7. Senang jadi guru art & creativity. Jadi tau adonan buat playdough, jadi bisa origami dan pengen banget belajar tentang kirigami/ papercutting.
8. Mengikuti berbagai seminar tentang pendidikan dan pengasuhan anak. Dan tersingkaplah "dosa-dosa" guru (ortu di rumah, guru di sekolah, dan orang dewasa di sekitar anak) terhadap anak.
9. Belajar buat lesson plan (yang sampe sekarang masih aja bingung)
10. (yang ini termasuk prestasi ga ya?? :p) Berhasil menjual 2 ponsel ke rekan sesama guru :D *menemukan bakat lain dalam diriku ha..ha.., tapi ga berminat jd penjual ponsel loh.

Ok, sementara 10 aja cukup. Posting berikutnya pengen cerita tentang: "Bahasa Positif"
(efek 4 hari ikut pelatihan guru tentang metode sentra/BCCT, sepertinya penting untuk di-share)
Semoga ga males nulis.

1 comment:

virtri said...

Kakak, masukan...kalau artikel panjang, jenis font yang digunakan saat ini susah dibaca (atau ini mungkin karena saya yang lahir bukan di jaman tulis halus sambung yaa). So, request ganti font donkkk... :)

Ps: suka baca artikel2 terakhir :)