09 October 2016

Jeddah

Dalam perjalanan haji tahun 2015 lalu, selain ke Madinah dan Mekkah, kami juga mengunjungi Jeddah. Kota Jeddah sekitar 2 jam dari Mekkah, kota di tepi pantai, Laut Merah.

Aku dan rombongan 2x ke Jeddah,

Yang pertama di 1 Oktober 2015 untuk jalan-jalan, melihat-lihat kota dan berbelanja.
Jalan-jalan ke Jeddah ini pilihan saja, sambil menunggu kepulangan ke tanah air. Bagi yang mau ikut membayar 50 riyal.
Kami berangkat ba'da Dhuhur sekitar jam 1, sholat dhuhur dan ashar dijamak. Pemberhentian pertama di Laut Merah. Banyak kisah Nabi-nabi yang berlatar Laut Merah, termasuk kisah pembelahan Laut oleh Musa as saat dikejar Fir'aun dan tentaranya.

Pemberhentian kedua di pusat perbelanjaan untuk beli oleh-oleh.
Sudah. 😉. Jadi begitulah cerita jalan-jalan di Jeddah.
Selebihnya kami hanya duduk di dalam bis, berkeliling kota. Diberitahukan tempat makam/kuburan nabi Adam & Hawa, tempat pengadilan dan rumah hukuman (rajam) di seberang pengadilan.

Yang menarik perhatianku adalah ketika dalam perjalanan ke Jeddah, melewati semacam tempat penampungan mobil bekas yang sangat luwuuaaaaaaasssss banget, besar. Banyak mobil bekas hanya diletakkan saja, berdebu. Belum di daur ulang 😁.
Juga ketika melewati jalan-jalan di kota Jeddah, terasa di Jakarta tapi tanpa macet. Ada seperti bunderan HI, lalu banyak patung2, (bukan patung manusia dan makhluk hidup) patung bor minyak, kapal, globe, dll. Banyak gedung perkantoran dan juga perumahan. Kondisi alam Jeddah mirip Mekkah, banyak tanaman dan pepohonan hijau.

Yang kedua ke Jeddah saat ke bandara. KAAI (King Abdul Aziz International) airport pada tanggal 7 Oktober 2015.
Kepulangan ke tanah air. Rute pesawat kali ini dari Jeddah menuju Solo transit di Banda Aceh.
Kami berangkat dari hotel di Mekkah tengah malam sekitar jam 1, tengah malam. Sampai di Jeddah sekitar jam 3 dini hari. Menunggu pengecekan administrasi, periksa bagasi, dsb.
Saat masuk ke bandara kami diberi oleh-oleh Al Qur'an. Waktu keberangkatan dan tiba tepat waktu. Flight by Garuda Indonesia. Alhamdulillah😊

رَبَّنا تَقَبَّل مِنّا إِنَّكَ أَنتَ السَّميعُ العَليمُ

No comments: