30 July 2013

يوميا ١٩

Jurnal 19 ini isinya agak berbeda. Aku mau cerita tentang Acara Tivi dan Buku.

1. Acara Tivi
Ramadhan kali ini acara tivi yang ku suka tonton adalah
Tafsir Al Misbah di Metro jam 4 am wita, menemani sahur. Pembahasannya saat ini tentang Surat Hud dan Yusuf. Kisah para nabi.
Kemudian setelah sholat subuh aku nonton Jazirah Islam di Trans7 jam 6 am wita. Jalan-jalan ke negara minoritas muslim, di Amerika Latin dan Eropa. Yang menarik adalah ternyata di Eropa (Timur khususnya), muslim pernah jadi mayoritas. Rasa penasaran membuatku googling, muslim by country. Lebih surprise lagi ternyata di Cina, islam itu sudah ada sejak lama, di masa sahabat nabi (kekhalifahan Utsman).
Tapi sekarang kalo ada bule atau chinese muslim kok dianggap aneh?
Terus di sini dapat saluran tivi Arab, Ada yang siaran dari masjid Al Haram Mekah, murottal al Quran. Ada yang siaran dari masjid Nabawi Madinah, hadits2 nabi. Karena baru senang dengerin bahasa Arab, ku stel deh itu siaran yang bacakan hadits2, biar biasa mendengar, biar pede juga kalo ngomong :D

2. Buku
Saat ini aku sedang membaca buku terjemahan Midnight's Children, Anak-anak Tengah Malam. Belum selesai bacanya. Tokoh utama menuturkan sejarah hidupnya, ceritanya dari masa kakeknya lagi. Berlatar belakang di Kashmir, yang dulunya adalah India. Lalu tepat di saat hari kemerdekaan india dari inggris, ada 2 anak yang lahir, oleh perawat di rumah bersalin ditukar (khas pelem2 India atau telenovela gitu ya, dan diikuti sinetron Indonesia). Anak yang 1 dari keluarga muslim cukup berada, 1 lagi dari keluarga miskin Hindu.
Bagaimana kelanjutan kisahnya?

Selain itu aku beli buku serial dongeng mini. Cerita Klasik dan Cerita Binatang. Hampir semua ceritanya aku sudah pernah tau. Dibeli karena bagus ilustrasi gambarnya, khususnya untuk anak-anak. Siap-siap mau dongengin ponakan2 ntar kalo mudik.
Gimana ponakan-ponakan, siap mendengarkan?! ;)

No comments: