16 July 2010

Orang Gila

Selain terkena dampak euforia Piala Dunia, aktivitasku yang lain adalah membaca buku. Ada 3 buku baru yang telah selesai ku baca: Al Asbun - Pidi Baiq; Padang Bulan & Cinta Dalam Gelas - Andrea Hirata; dan Marmut Merah Jambu - Raditya Dika
kesamaan dari ke-3 buku itu (menurutku) adalah pengarangnya orang gila :D
Gila disini dalam artian positif, kreatif, surealis (apaan nih, aku kurang ngerti juga sih :p), bikin yang baca cekikikan sendiri (yaaahhh gila juga dong?), kejujuran melihat diri sendiri, koreksi diri sebelum menyalahkan orang lain. good books! and i enjoyed reading them.

Mau ku ceritain atau baca sendiri? kalo mau cekikikan harus baca sendiri. aku bukan pencerita yang baik, ntar kamu salah persepsi lagi. aku coba komentari aja ya (semua dari sudut pandangku), oke?!


Al Asbun Manfaatulngawur


"1:1 Salam dariku dan itu adalah salam sayang. Inilah aku yang telah memakan roti. Tahukah kamu roti apakah itu? Roti bakar di atas sebuah piring yang disajikan pada waktunya yang menyenangkan hati"
Baru kali ini aku baca buku karangan Pidi Baiq. Lucu bin aneh, pesanku: jangan terlalu serius deh bacanya, yang ada ntar protes mulu :p
Cara penulisan buku ini  meniru kitab suci gitu pake ayat/pasal 1:1, lalu 1:2, terus gaya bahasanya juga.
Waktu cari buku ini di Gramedia, judul Al Asbun, penerbit Mizan, masa masuk kategori buku agama islam??!, kriteria berdasarkan apa ya?

Ceritanya tentang orang-orang kurang kerjaan yang daripada ga ada aktivitas terus berguru (pengajian) pada orang ngawur yang bener (duuhhh, sampe bingung aku, wordless :p), mirip-mirip Nasruddin Hoja itu kali yah, pinter-pinter bego (masih banyakan pinternya kan?), yahh begitu deh. Kita jadi mikir sebenarnya yang bego sapa sih?? hehhee....
terus ada salah seorang muridnya yang membelot dan membuat grup pengajian sendiri, lalu melaporkan pada pihak berwajib (petugas kebon binatang), kalo kang Guru itu adalah Kangguru, dan harus dikandangkan lagi di kebon binatang.


Padang Bulan dan Cinta Di Dalam Gelas


Ini sebenarnya 2 buku loh, tapi dijadikan satu, jadi mau dibolak-balik, semua adalah sampul depan. Ga enaknya kalo buku dijual dibungkus plastik, ga bisa liat resensi ceritanya. Tapi ku beli aja, karena udah tau kira2 ceritanya tentang apa, kan udah liat waktu Andrea Hirata diwawancara di TV.


A. Padang Bulan
Gaya berceritanya berantakan. Ada 2 cerita utama, kisah cinta Ikal yang depresi karena gosip A ling akan dinikahi oleh orang yang lebih keren dan lebih sukses dari dirinya; dan kisah hidup Maryamah alias Enong waktu kecil, yang terpaksa berhenti sekolah dan harus bekerja.
awalnya agak bingung juga bacanya, loncat-loncat antara kisah Ikal dan Maryamah. untunglah aku udah baca Tetralogi Laskar Pelangi, jadi lebih bisa menangkap maksud ceritanya. Mungkin karena itulah lah penyebutan bab diganti dengan istilah mozaik?? jadi kita sendiri yang merangkai jalan cerita?? entahlah... tanya aja sama pengarangnya ;)

B. Cinta Di Dalam Gelas
Bercerita tentang Maryamah dewasa. Pengaruh jalan hidupnya yang keras dan budaya melayu-islam yang patriarki (istilah apaan lagi nih?), itu loh maksudku budaya yang masih menganggap rendah wanita. Demi balas dendam terhadap mantan suaminya yang selingkuh, maryamah bertekad untuk belajar main catur, bertanding melawan mantan suaminya yang juara catur pada acara perayaan 17 Agustus.
Disini muncul konflik karena sebelumnya tidak ada wanita yang boleh ikut pertandingan catur, apalagi harus berhadap-hadapan, bertatap muka dengan lelaki.
Bagaimanakah solusinya?? silahkan dibaca sendiri... hehehe....


Marmut Merah Jambu


Baru ini juga baca bukunya Raditya Dika (sebelumnya pernah nonton Kambing Jantan), akibat heboh di twitter, MMJ-MMJ, apaan tuh? kirain Mas Mas Jawa :D
Yah, lumayanlah, buku buat abege nih, lucu juga buat hiburan, ada-ada aja tuh idenya Dika.
Kumpulan kisah cinta, teman, dan keluarga. kisah keseharian yang ditulis dengan menarik dan menghibur.
Ayo-ayo kita menulis!! (masalahnya ga semua orang bisa buat tulisan yang menarik)

2 comments:

mba ni said...

Waah, pingin deh bisa baca2 buku. Udah lama ga sempet2 baca buku niiiih...

mirsavirdiani said...

sibuk nge blog mba? gmn itu cr vote nya?