02 October 2010

(Garuda) Pancasila Terbang Tinggi


1 Oktober adalah hari kesaktian Pancasila, asal mulanya karena di tahun 1965 terjadi peristiwa G 30 S / PKI (Gerakan 30 September oleh PKI), yang katanya akan mengganti dasar negara Indonesia, Pancasila, dengan paham komunis. tapi gerakan tersebut berhasil digagalkan, dan sekaligus membuktikan kesaktian Pancasila.
Begitulah cerita yang ku tau :)

Padahal Pancasila itu kan cuma simbol ya? yang menjadikannya (nampak) sakti ya orang-orang yang memahami makna-makna yang terkandung pada Pancasila itu, mengaplikasikannya karena sadar kalo dia adalah WNI (warga negara Indonesia), tinggal di Indonesia.
(woww!! pengaruh penataran P4 nampaknya masih ada pada diriku :p, gpp asal bermanfaat)

Pancasila berasal dari bahasa Sansekerta. Panca berati lima, Sila berarti Prinsip. maka Pancasila sebagai dasar negara berarti 5 prinsip/ pedoman berbangsa dan bernegara bagi seluruh warga negara Indonesia.
Coba ya, ku tulis lagi disini .... (ayo masih pada hapal ga?)

1. Ketuhanan Yang MahaEsa
2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
3. Persatuan Indonesia
4. Kerakyatan yang dipimpin oleh Hikmah Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan
5. Keadilan Sosial bagi seluruh Rakyat Indonesia

Yaayy!! masih hapal ;) cek aja di wikipedia, ada butir-butir Pancasila juga.
Dulu jaman ku masih ikut penataran P4, ada 36 butir, disebut Eka Prasetya Pancakarsa. sekarang jadi 45 ya? butir apa tuh yang ditambahin? aku udah ga tau lagi, dulu sih sempat hapal.

Sejak reformasi tahun 1998, penataran P4 (pedoman penghayatan dan pengamalan Pancasila) sudah tidak ada lagi. alasannya kenapa aku juga kurang ngerti. kayaknya karena ada kekhawatiran penataran P4 itu dijadikan ajang untuk mendoktrin rakyat (peserta penataran dulu itu semua anak sekolah, mahasiswa, pns, militer) supaya taat (taklid??) pada pemerintah. ehh, kebetulan aja pemerintah pada saat itu, Orde Baru, malah membodoh-bodohi rakyatnya, menyembunyikan fakta. Rakyat dikasih berita yang baik-baik aja, tentang negeri yang indah, kaya, ramah tamah, aman tenteram loh jinawi :), faktanya kekayaan negeri ini telah dikorupsi oleh segelintir orang, kalo ada yang mau protes malah diculik terus dibunuh diam2, gitu sih gosipnya  (dan masih banyak lagi masalah yang aku juga kurang paham).

Sekarang ga ada lagi penataran P4, bukan tambah baik tapi kayaknya malah tambah parah, masih ada korupsi, masih aja rusuh, demo dimana-mana. coba aja liat berita-berita yang jadi headline sekarang ini, isinya kerusuhan antar etnis maupun agama, perampokan, teroris/pengeboman, kecelakaan kereta. Belum lagi berita harian (yang hampir tiap hari ada) perkosaan, bunuh diri, penggusuran, .....
Hiii... ngeri!!
udah ahh.. liat sendiri aja di media2 massa kalo ga percaya.
aku juga udah ga ngerti lagi gimana Etika dan Kode Etik Media Massa sekarang ini.
Huhh... banyak banget sih masalah yang terjadi pada negeriku tercinta ini :'(

(Garuda) Pancasila terbang tinggi...
terlalu tinggi dan tak terjangkau lagi??
ku kejar dan kutangkap, ku letakkan di dadaku :)

No comments: