30 October 2010

Pindang Patin


Pindang Patin adalah masakan khas sumatera selatan. terbuat dari ikan patin direbus bersama bumbu2. dulu waktu masih di prabumulih aku sering banget jajan pindang patin, seger pedes, mm..yummy!
sekarang setelah di Balikpapan, pengen makan pindang patin tapi belum nemu yang jual, padahal banyak ikan patin disini. Malah ketemu temen orang Palembang, terus request deh, minta diajarin masak Pindang Patin, eh ternyata buatnya gampang banget ya.. ;)

Pagi-pagi aku ke pasar beli ikan patin, nanas, cabe, kemangi, dsb. sampe rumah patin dilumuri jeruk nipis. terus dibiarin dulu, aku masih sempat nonton tivi n nyuci baju, sebelum aku berangkat ke rumah temen yang mau ngajarin masak Pindang Patin.

Sampe sana bumbu2 sudah siap diolah. Haluskan cabe, bawang merah, bawang putih, dan sereh (sereh boleh juga digeprek aja), jahe diiris. masukkan bahan-bahan tersebut ke air yang sudah mendidih. lalu masukkan tomat dan nanas yang dipotong agak besar dan cabe rawit utuh.
Cuci ikan, lalu masukkan ke dalam panci (jangan terlalu lama biar ga hancur, boleh juga digoreng sebentar), terus kalo udah mau dimakan tambahkan kemangi.
Cakep deh, sip markusip hehe...

1 comment:

mba ni said...

Thanks bgt resepnya! udah lama juga nyari2 resep sup ikan kayak gini... dicatet... trus dipraktek-in deh... ;)
Anak2 jg suka banget makan ikan :)