03 November 2010

30 jam di Jogja

Sejak letusan tanggal 26 Oktober 2010 yang menewaskan lebih dari 30 orang termasuk juru kunci (kuncen) merapi, mbah Maridjan, hampir tiap hari Merapi meletus (mengeluarkan awan panas dan abu vulkanik). Yang cukup besar dini hari 30 oktober jam 1- 2 an malam menyebabkan abu vulkanik cukup tebal menyelimuti kota Jogja, lalu ada letusan lagi pada hari Minggu siang sekitar jam 2an. Hari senin meletus lagi, sekitar jam 10an katanya sih ga cuma abu, tapi juga pasir, kali ini mengarah ke Klaten dan Boyolali. Selasa dan hari ini, Rabu, pun meletus lagi. Silahkan cek n ricek beritanya, yang ini dari kompas.com

Di saat sedang prihatin dengan kondisi Jogja itu dapet kabar duka, sabtu malam sekitar jam 10 wita ( 9 wib) suamiku ditelpon dikabari bahwa bu puh (neneknya dari garis ibu) meninggal dunia, bukan karena korban letusan loh, tapi karena memang sudah sepuh, 93 tahun.

Langsung pada malam itu juga kami cari tiket ke Jogja, ada 4 maskapai yang melayani rute Balikpapan-Jogjakarta langsung (tanpa transit): Mandala, Batavia, Sriwijaya dan Lion. kami mencari tiket yang paling pagi, batavia ada jam berangkat pk 6 wita, tapi sayangnya kalo pesan online kurang dari 48jam, harus bayar pake KlikBCA, waduh! ga pada punya. akhirnya kami memutuskan untuk pesan tiket Mandala jam 9 wita, bisa bayar pake visa (kartu kredit). ada yang baru dari cara pemesanan online Mandala, bisa milih mau pake 2nd bag/ Q jump (ga antri)/ My Seat (pilih no kursi), dll. Tiap pake pilihan itu dikenakan biaya tambahan, kalo mau irit ya ga usah pake macem-macem itu, cukup bawa 1 tas aja ke kabin, dateng lebih awal dan antri cek in, duduk dimana aja, yang penting sampe dengan selamat, betul?? ..... ;)
Entah ada hubungannya atau tidak sama merapi meletus, keberangkatan kami delayed sekitar 30 menit.

Sampe Jogja sekitar jam 10.30 kami langsung ke Berbah, daerah tempat bu puh tinggal yang letaknya memang tidak jauh dari Bandara, dan ternyata di daerah tersebut cukup aman dari abu vulkanik.

Karena suamiku cuma ijin ke kantor 1 hari (senin), maka kami pun langsung cari tiket untuk kembali ke Balikpapan senin sore. pilihannya Batavia dan Sriwijaya (Lion dan Mandala jadwalnya pagi). dan seperti yang sudah ku ceritakan di atas, batavia harus bayar pake KlikBCA, maka pilihannya adalah Sriwijaya, bisa bayar pake ATM BCA, waktu keberangkatan beda sekitar 1 jam (Sriwijaya jam 14.50 wib, Batavia 15.35 wib).

Senin pagi, 1 November, kami bayar tiket dan disempatkan beli gudeg buat sarapan dan oleh-oleh. Pagi itu Merapi terlihat jelas, merbabu juga terlihat jelas, berdampingan dengan merapi, keren banget (sebenarnya aku bawa D3000, tapi males aja brenti2 (dan ga pede), terus serasa turis ke wisata bencana gitu?? duhh.. ga tega). Lagian juga udah banyak kan foto2 merapi dan kota Jogja tertutup debu di media2?
Tiap lewat jembatan kali Code terus liat rumah-rumah di sekitar kali Code yang atapnya masih tertutup abu vulkanik dan di utaranya terlihat gunung Merapi, kok aku jadi inget gambar Korra ya? Mirip deh.

Pulang ke Godean dari beli oleh2 sekitar jam 10an, sambil sesekali melihat merapi yang tampak jelas, cerah, di saat itulah aku lihat merapi meletus lagi, aku lihat awan hitam keluar dari puncak merapi dan mengarah ke sebelah timur. sampe rumah liat berita di TV, dan ternyata benar saja, merapi meletus, dan awan panas mengarah ke wilayah Klaten dan Boyolali.

Entahlah, hasil pengamatanku, letusan merapi kali ini abu vulkaniknya merata, ke semua wilayah seputar merapi, Muntilan, Sleman, Klaten, Boyolali, bahkan sampe ke Jogja, dan Tasikmalaya?? (masa sih?, jauh banget ya?), tapi herannya Berbah ga kena tuh, apa karena waktu gempa Jogja 2006 termasuk daerah yang mengalami kerusakan cukup parah? gimana ya dengan wilayah korban gempa yang lain? apakah cukup aman dari abu vulkanik?
Allah Maha Adil :)

Eh, cerita di Jogja belum selesai (Jogja Never Ending ;p), siangnya kami ke Bandara, saatnya kembali ke Balikpapan, cek in sekitar jam 2an, dapet kabar kalo Sriwijaya akan delayed sekitar 1jam :(
sambil nunggu kami sempat makan siang, lalu duduk manis di ruang tunggu, melihat pesawat Batavia yang terbang duluan (jadwalnya kan Sriwijaya dulu).
Baru pertama ini naik Sriwijaya, di atas pesawat dikasi permen, terus dikasi minum segelas air mineral (kayak Lion jaman dulu), eh ga lama dikasi dus kotak makan, kirain snack aja kayak Garuda, ga taunya pasta+perkedel 2, dapet minum juga softdrink. Yang belum sempat ditanyain ke pramugarinya, apa tiap naik Sriwijaya dapet makan atau ini adalah kompensasi akibat keterlambatan?? *sambil berharap kalo karena keterlambatan, akan dikabari uang tiket dikembaliin hihihi...ngayal* :)

Walaupun cuma sekitar 30 jam aja di Jogja, kunjungan tersingkat sejak ku tinggal di luar Jawa (kalo pas kuliah di Solo sih tiap weekend pulang ke Jogja :p), ternyata banyak juga yang bisa diceritain, ini aja udah ku singkat-singkat biar ga kepanjangan, ntar bosen bacanya?? ga ada gambarnya lagi. Maap ya!

No comments: