04 November 2010

Slogan Kota/ Kabupaten di Indonesia

Doaku semoga Jogja tetap berhati nyaman. #prayforindonesia

Tahukah kamu kalo Berhati Nyaman itu adalah slogan kota Jogja? singkatan dari Bersih, Sehat, Indah, Nyaman. pada kenyataannya kota Jogja memang memberikan rasa nyaman bagi pendatang, sampe ada yang bilang gini, "banyak yang lulus sma dari berbagai kota kuliah di Jogja, yang kuliah ga lulus-lulus, yang udah lulus ga mau balik ke kota/kampung halamannya malah keluarganya ikut-ikutan pindah ke Jogja" (hehe... aku banget tuh! tambah satu lagi: dapet jodoh orang Jogja :p)

Tahukah kamu kalo Berhati Nyaman itu slogan kota Jogja? bukan propinsi Jogja alias DIY? jadi tiap kabupaten punya slogannya masing-masing.
Atas perintah siapa ya masing-masing kabupaten buat slogan?
Ada yang tau slogan kabupaten di DIY selain Jogja? kalo kota-kota/ kabupaten lain yang ada di Indonesia? Kalo bisa sama kepanjangannya apa. aku googling susah nemunya, ada yang lengkap banget sama maknanya adalah kabupaten Sleman,
kota-kota yang lain ada sih di wikipedia, tapi harus dibukain satu-satu profilnya tiap kota/ kabupaten. Silahkan bagi yang mau, aku maless ahh, yang penting udah tau kalo butuh carinya dimana :)

Ini ya, beberapa yang ku tau:
  • Sleman, Sembada: Sehat, Elok dan Edi, Makmur dan Merata, Bersih dan Berbudaya, Aman dan Adil, Damai dan Dinamis, Agamis (berarti harusnya SEEMMBBAADDA ya? :p) kata SLeMan: Sejahtera, Lestari, Mandiri (eman eman marai gela)
  • Bantul, Projo Tamansari (ben ra ucul yo digondheli)
  • Gunung Kidul, Handayani (bacut ucul angel nggoleki)
  • Kulon Progo, Binangun (karo konco mbok ya sing rukun)
catatan: yang dalam kurung huruf miring itu bukan maknanya, itu diambil dari lirik lagu Ngajogjakarta-Genk Kobra :D

Nah kalo kota-kota lain di Indonesia, antara lain: Magelang Gemilang, Klaten Bersinar, Boyolali Tersenyum, Solo Berseri, Jakarta Teguh Beriman, Balikpapan Beriman, Palembang Bari, .... dsb (silahkan tebak sendiri apa kepanjangan dari kata-kata tersebut, ok!)

Terus kalo Jogja Never Ending Asia itu apalagi ya?
itu slogan juga, tapi slogan pariwisata, pake bahasa Inggris mungkin maksudnya biar wisatawan mancanegara juga ngerti ya?
Solo, The Spirit of Java
Sparkling Surabaya
Enjoy Jakarta
Ada yang tau kota-kota lainnya?

1 comment:

Denise Bomfim said...

Salam, Mirsa! I pray for Indonesia!
Thanks for joining me in the Sisterwhoblog.
Have a good weekend!