20 November 2010

Idul Adha, Idul Qurban, Lebaran haji, ...... What does it mean to you?

Mau tanggal 16 atau 17 November 2010, yang penting Idul Adha pasti tanggal 10 Dzulhijjah :)
Selamat Hari Raya Idul Adha, saatnya memaknai Qurban, saatnya makan daging hewan qurban, jangan berlebihan, ati2 kolesterol.


Ada yang bilang, Idul Fitri itu saat orang-orang berkecukupan turut merasakan bagaimana hidup berkekurangan (setelah puasa ramadan 1 bulan), diharapkan tumbuh empati kita, maka diwajibkan membayar zakat fitrah supaya pada hari raya Idul Fitri tak ada satupun yang kelaparan, dilarang berpuasa. Sedangkan Idul Adha adalah saat orang-orang yang kekurangan (tak mampu beli dan makan daging) turut merasakan enaknya makan daging, peningkatan gizi :)

ajaran islam datang untuk mengubah makna qurban/pengorbanan/sacrifice, dari ibadah ritual (persembahan kepada tuhan/ dewa-dewa) menjadi ibadah sosial, berbagi daging hewan qurban kepada fakir miskin dan yang membutuhkan.

Disaat banyak bencana seperti sekarang ini, dan vegetarian lagi ngetrend, muncul wacana baru, apakah tidak sebaiknya hewan qurban itu diganti dengan uang, lebih mudah dalam penyalurannya dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan yang menerima? karena katanya zakat fitrah aja bisa diganti dengan uang, masa' sih?? (setauku boleh bayar dengan uang, tapi setelah itu dibelikan beras oleh panitianya).
aku sih ga terlalu ngerti masalah fikih atau fatwa itu, tapi kalo semua diganti uang terus apa lah arti hari raya? kalo uang kan ada lagi zakat mal (harta) atau sedekah aja tiap hari, sebanyak-banyaknya. Liat aja berita antrian orang yang mau ngambil jatah daging di masjid aja masih rusuh, berarti kan masih banyak yang butuh dan pengen makan daging. Ntar kalo dikasih uang malah buat beli narkoba/rokok lagi hahaha.... *mulai lebay deh*

Idul Adha kali ini aku masih di perantauan, bersama suami. (suamiku) berkurban di kampung halaman, ga kebagian daging qurban pas hari raya, tapi tetap mengharapkan kiriman abon buatan ibu seperti tahun sebelumnya hehe...
Biar terasa Hari Raya Idul Adha, aku jajan sate aja, terus besoknya jajan pizza meat lovers, eh hari selanjutnya dapet undangan makan rendang di rumah teman. Alhamdulillah :))

Apapun makna Idul Adha menurutmu dan bagaimana pun cara kamu merayakannya, ingatlah QS 22:3.
eh, jadi inget juga QS 2:183 (tentang Puasa). maaf aku bukan ahli tafsir, tapi kalo ku perhatikan, perintah puasa itu supaya orang bertakwa, nah kalo perintah berkurban itu adalah ujian bagi ketakwaan seseorang. Bener ga?

No comments: