23 March 2011

Pada suatu Maret 2011 (Part 3) : Penanaman Pohon

Melanjutkan cerita sebelumnya (mumpung inget, karena ada fotonya hehe..)

Beruntunglah aku karena urusanku selama di Jogja bisa selesai dalam waktu 1 hari, dan di hari berikutnya punya waktu untuk jalan-jalan (walaupun juga tiap harinya mesti ngecek return ticket ke Balikpapan, tentu saja mencari harga paling hemat).

Dan inilah kunjungan pertamaku ke lereng Merapi pasca erupsi dahsyat akhir tahun lalu. Kunjunganku kali ini diajak mamaku, dalam rangka acara penanaman pohon di Merapi. Selain untuk "menghijaukan" lereng merapi yang tertutup debu dan material gunung berapi, juga untuk membantu penduduk mendapatkan penghasilan tambahan, dari hasil panen pohon tersebut.

Dari hasil pengamatanku, yang hanya sesaat, di daerah Kepuharjo, Cangkringan, memang tidak semua tertutup material gunung, ada sebagian yang masih hijau.
Dan tentu saja aku salut melihat penduduknya yang tetap semangat. sewaktu kunjungan kemaren, kehidupan penduduknya sudah mulai berjalan normal lagi, anak-anak sekolah sudah terlihat di jalan-jalan mengenakan pakaian sekolah (loh kok di jalan-jalan?? bukan di sekolah?? hayoo... adek2, pada bolos sekolah ya? :p)

No comments: