18 March 2011

Pada suatu Maret 2011 (Part 2) : Perpanjang SIM


Tujuan utamaku ke Jogja kali ini adalah untuk memperpanjang SIM C ku, dan seperti sewaktu perpanjang STNK, aku lebih senang mengurusnya sendiri. Kalo ga ngerti kan tinggal tanya petugasnya.
Apalagi sekarang kabarnya semakin mudah aja, ada mobil SIM keliling, jadi bagi yang sibuk dan tidak sempat ke kantor polisi, ada petugas dengan mobil yang mangkal di tempat-tempat tertentu. Di Jogja ada di dekat pusat perbelanjaan, Plaza Ambarukmo. tapi sayangnya mobil SIM keliling ini katanya cuma ada di hari selasa dan sabtu. Ya sudahlah, daripada kecele, aku pilih mengurusnya langsung ke kantor polisi sleman.

sesampainya di kantor polisi ku lihat papan informasi, apa aja persyaratan untuk memperpanjang SIM, ternyata harus ada surat keterangan sehat dari dokter, untunglah di seberang kantor polisi ada tempat praktek dokter (eh, kayaknya tuh dokter emang sengaja deh bikin tempat praktek di situ, biar sekalian memudahkan orang-orang yang mau mengurus SIM, dan dia pun juga dapet banyak pasien). Periksanya cuma ditanya tinggi badan & berat badan, terus diukur tensi, udah. bayar Rp 20.000,-

Sudah ada surat keterangan sehat, lalu aku fotokopi SIM lama dan KTP, dan kembali ke ruangan mengurus SIM. ada beberapa loket.
Loket I, menyerahkan berkas, lalu diberi form isian dan kuitansi pembayaran
Loket II, tempat untuk membayar biaya pembuatan SIM (ada beberapa rincian, untuk perpanjangan SIM C sebesar Rp 75.000,-)
setelah itu kembali ke loket I, menyerahkan form isian, kemudian mengantri panggilan untuk pemotretan hehe...
Setelah selesai pemotretan, mengantri lagi untuk mendapatkan SIM yang baru :))

Semua proses itu ku lalui selama kurang dari 2 jam. Aku dateng ke kantor polisi sekitar jam 10 pagi, jam 12 siang sudah selesai. mungkin tergantung juga dengan jumlah orang yang mengurus SIM pada hari yang sama.

Oia, buat yang mau buat SIM baru, setelah 3x tes ga lulus-lulus juga (kasian dehh loh :p), uang yang dibayarkan (dijanjikan) dikembalikan loh

1 comment:

mustikasari said...
This comment has been removed by the author.