24 August 2010

Furoshiki


Kemaren pas nonton tv, ga sengaja liat salah satu program acara di ANtv, lagi bahas tentang parcel-parcel gitu, untuk hantaran kue-kue, kan bentar lagi lebaran. Nah, bahasannya tentang seorang pengrajin parcel yang khusus menyediakan parcel dengan dibungkus kain. Biasanya kan parcel-parcel itu berupa keranjang terus dibungkus kertas kado / plastik terus dihias pita-pita gitu.
Unik juga ya idenya? juga bertujuan untuk mengurangi sampah, kan kalo dibungkus kain nantinya kain itu bisa dipake lagi. Ternyata ide membungkus dengan kain ini adalah budaya dari Jepang, namanya Furoshiki.

Mengingatkan pada budaya Jawa ga sih? kan ada juga tuh kalo mau ada hajatan, terus ada yang anter2 makanan dibungkus kain batik kayak taplak itu, isinya sebaskom/sebesek makanan, nasi beserta sayuran dan lauk-pauknya. Yang dikasihkan ya isinya aja, ntar baskom dan taplaknya kembaliin (betul kan ya? setauku begitu).

Kalo di Jawa (setauku yang sok tau ini) sebagai simbol bahwa kita diundang ke hajatan tersebut dan dimohon bantuannya buat ngrewang (bantuin) yang punya hajat. Kalo di Jepang ya buat bungkus kado aja. hasilnya ga kalah sama kertas kado dari kertas itu, malah kalo menurutku jadi lebih keren. Be Cool Be Green!, eh kebalik ya, Be Green Be Cool ;)

Jadi pengen belajar Furoshiki nih. Browsing-browsing dulu ahh ke sini terus sini terus sini terus ....
cukup dulu deh. kapan belajarnya kalo browsing mulu :p

No comments: