08 August 2010

TIPS Kustomisasi Blog untuk Pemula

1. Sediakan cukup waktu luang
untuk pilih-pilih foto, edit foto, baca tips & trik, belajar dikit-dikit kode HTML (paling ga cara mengkonversi gambar/ template hasil karya kita sendiri)

2. Kumpulkan keberanian untuk meng-Klik ;p
Kalo baca tutorialnya ribet banget (apalagi yang pake bahasa Inggris terus yang baca gaptek lagi kayak aku ini :p). Takut salah-salah ntar Blog nya jadi tambah berantakan terus ga bisa balikinnya lagi. Walaupun ada perintah (anjuran) "Save Template" blog kita sebelum diubah dengan template yang baru. Sempat kepikiran mau buat blog satu lagi buat coba2. tapi ga jadi, daripada ntar malah ga ke urus, nyampah elektronik (eh, bisa di deactivated ga ya?). Terus sebelum save template baru, kan ada preview, pede aja ngeklik, ok!

3. Pastikan Koneksi Internet Tidak Lelet :(
Yup! ini yang terpenting. Kalo udah tau kode HTML, udah dicopy, terus dipaste di kolom edit HTML, eh giliran mau dicoba liat gimana hasilnya, koneksi internet tidak bersahabat, huuuhhh.... bete! :(
Jangan terlalu bete terus ngambek gitu dong!, kan masih bisa ganti pake template yang sudah disediakan blogger maupun blog2 lainnya gratisan itu, cari aja yang cocok, dan jangan lupa ijin sama yang buat (baca disclaimer gitu).
Kalo masih pengen desain sendiri, coba dipikirin lagi, mungkin perlu upgrade modem ke koneksi/akses yang lebih cepat (dan tentu saja lebih mahal biaya berlangganannya).

Selamat Mencoba!
Never Give Up! coba terus sampe bisa ya! ;)
eh, ingat waktu. terus jangan keasikan gonta ganti desain jadi lupa nulis.

2 comments:

mba ni said...

Bisa kok blog di-delete. Cari di bagian "setting", trus "basic", then "blog tools", disitu ada tulisan "delete blog".

Bisa jg kalo mau back-up blog, pilih "export blog", nnt content blog kita kesimpen dalam bentuk file di komputer. Tp yg kesimpen tulisan2 yg ada dlm blog aja, utk widget, template, dan hal2 lainnya engga... yach lumayan lah drpd ilang semua... hehe...

Btw, seneng deh liat foto panoramanya kemarin... kyknya asyik ya tinggal di dekat pantai... jd kepingin :)

mirsavirdiani said...

Ok, kapan2 dicoba.untuk sementara ini pake template yang disediain blogger aja lah.
Thanks :)