26 July 2014

Bahasa Arab (الغة العربية)

Bahasa Arab adalah bahasa Alqur'an,
Kitab yang mulia القرآن الكريم
Diturunkan di malam yang penuh kemuliaan ليلة القدر
Di bulan yang mulia رمضان
Oleh malaikat yang mulia, جبريل
Kepada manusia mulia, (محمد (صلى الله عليه وسلام
Di kota yang mulia, مكة المكرمة & مدينة المنورة

Awalnya aku tertarik belajar bahasa Arab sewaktu kuliah. Simple aja, biar kalau baca Alqur'an paham.
Belajar otodidak gak bisa.
Belajar online gak disiplin, cuma ngumpulin bahan belajar aja, download gratis.
Sampai ketika aku jadi guru di sekolah islam, ada diajarkan bahasa Arab. Memang sih gurunya khusus bukan aku, tapi masa' aku gak bisa :p

Mulai disiplin belajar bahasa Arab saat Ramadan tahun lalu, ada program Ramadan Intensive Arabic class, setiap hari selama 2 pekan.
Metodenya bukan grammar, tapi lewat percakapan (الحور). Asik juga, jadi berani ngomong.
Setelah berakhir programnya, ada program lanjutannya, 1x per pekan (agak kurang memang kalau tidak dibiasakan sendiri di rumah/ bersama teman).

Ramadan tahun ini aku ikut lagi. Selesai programnya ada tes (kemampuan bahasa lengkap loh, ada pemahaman bacaan, mendengar, menulis, berbicara).
Tak ku sangka aku berhasil mengerjakannya dengan baik (muntaazah/ ممتازة). Terbaik ke-2 dari sekitar 20an peserta. Alhamdulillah.

Dapat hadiah dari mudarisah/gurunya,  buku  تفسير العشر الاخير (tafsir 1/10 terakhir), 1/10 dari 30juz, jadi 3juz di mulai dari juz 28,29,30. Isi bukunya full bahasa Arab dengan aksara Arab.
Dari panitianya dapat hadiah 1set gelas kaca (isi 5).
Terima kasih. Syukran شكرا :)
Jazaakunallah khayran جزاكون الله خيرا

No comments: