06 September 2016

Taman Surga

Hadits Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم :

"‏ مَا بَيْنَ بَيْتِي وَمِنْبَرِي رَوْضَةٌ مِنْ رِيَاضِ الْجَنَّةِ ‏"‏‏

antara rumahku dan mimbarku adalah Raudhah (Taman) dari Taman-taman Surga.

Raudhah terletak di kompleks masjid Nabawi. Dari luar, rumah Nabi Muhammad saw ditandai dengan kubah berwarna hijau, mimbar ditandai dengan kubah putih.
Bila kita berada di dalam masjid, Raudhoh ini ditandai dengan karpet berwarna hijau, sementara karpet masjid berwarna merah.
Rumah Nabi, sekarang adalah tempat makam beliau saw dan 2 sahabat sekaligus Khulafaur Rasyidin, Abu Bakar As Shiddiq ra dan Umar bin Khattab ra.

Tidak ada tuntunan sholat khusus di Raudhah, boleh sholat apa saja (sholat dhuha misalnya). Dan banyak berdoa, salah satu tempat mustajab untuk berdoa.
Ucapkan salam kepada Nabi dan sahabat beliau.

Aku mencoba ke Raudhah 31 Agustus 2016 pagi setelah sholat subuh.
Untuk jamaah perempuan masuk ke Raudhah dari pintu no.25 dan untuk laki-laki dari pintu no.1
Seingatku ada waktu yang terpisah juga. Jamaah perempuan jam 8 pagi dan malam setelah sholat isya (?), Untuk jamaah laki-laki malah tengah malam jam 1 ya? *sudah agak lupa 😓
Percobaan pertama gagal, karena kurang persiapan, kurang sabar menunggu, tidak mengira kalau antri lama. Sementara kelompok kami terpisah, ada yang tidak ikut ke Raudhah. Dan kami harus kembali ke penginapan untuk makan siang.

Esoknya, 1 September 2016, kami mencoba lagi ke Raudhah. Kelompok lengkap (6 orang). Membawa makan. Dan kami berniat untuk tetap di masjid sampai waktu dhuhur.
Alhamdulillah, kami berhasil sampai ke Raudhah. Setelah mengantri dan memasuki jalur yang sangat padat. Berdesakan. Ada beberapa jamaah yang sholat di luar tempat yang disediakan, di jalur antrian. Dan ini cukup merepotkan dan membuat kurang nyaman.
Aku tidak sholat di Raudhah, melewati dan berdoa saja. Karena sudah sangat padat, terletak di dalam masjid, terasa pengap. Dan teringat nasehat ketua rombongan, bahwa kita berhaji yang utama adalah wukuf di Arafah. Sayang sekali kalau perjalanan ibadah haji menjadi tidak sah karena tidak bisa wukuf, karena sakit misalnya.

Ke Raudhah ini dilakukan sebelum aku ke Mekkah dan Armina. Lalu aku membayangkan akan seperti apa nanti ketika thawaf, sa'i, lempar jumroh, wukuf. Mesti padat banget. 2juta orang. Subhanallah. Semoga dimudahkan (ini doa yang sangat dianjurkan ketika aku ikut manasik haji).
Alhamdulillah. Cerita tentang haji menyusul ya. insya'Allah😉😊

No comments: